Friday 8 February 2013

APLIKASI JAVA MENGGUNAKAN TIPE DATA DAN OPERATOR PERBANDINGAN

Standard
aplikasi-java-sederhana-aimagu Pernahkan anda melihat aplikasi java yang menggunakan kotak dialog sebagai informasi dari suatu inputan yang di berikan oleh user. Pada tutorial kali ini akan di bahas cara pembuatan aplikasi java menggunakan komponen jOptionPane (Kotak dialog) dan menggunakan tipe data operator perbandingan.
Sedikit gambaran untuk aplikasi java sederhana ini yaitu user melakukan inputan pada form yang di sediakan yaitu memasukkan 3 buah angka. Program akan mendeteksi apakah ketiga angka tersebut merupakan angka yang sama atau berbeda dan akan menampilkan karakter angka 1, angka 2, angka 3 dari inputan yang sudah kita proses. Sistem ini dapat anda realisasikan dalam dunia nyata untuk registrasi suatu form, dll.
Berikut ini langkah pembuatan program aplikasi java menggunakan tipe data dan operator perbandingan yang di namai program Prak4_Latihan2.
  • Buat project Prak4 – klik kanan project – pilih New – Klik jFrame Form
  • Tambahkan jLabel, jTextField dan jComboBox ke dalam jFrame. Kemudian atur posisinya seperti gambar berikut :
aplikasi-java-netbeans1
  • Ubah properties Text komponen tersebut :
jLabel 1 > MASUKKAN 3 ANGKA YANG SAMA
jTextField > Kosong
jButton1 > PROSES
aplikasi-java-netbeans2
  • Sebelum memasukkan script, terlebih dahulu pilih Inspector > Klik kanan Other Components > Pilih Add From Palette > Pilih Swing Windows > Klik Option Pane, seperti gambar berikut ini:
aplikasi-java-netbeans3
  • Akan tampil hasil jOptionPane1 pada Other Components seperti gambar berikut:
aplikasi-java-netbeans4
  • Klik kanan pada jButton1 > Events > Mouse > Mouse Clicked
aplikasi-java-netbeans5
  • Masukkan script berikut ini :
aplikasi-java-netbeans6
  • Compile (F11) dan Jalankan program (F6).
aplikasi-java-netbeans7

Pembahasan Hasil Program

aplikasi-java-netbeans8 aplikasi-java-netbeans9
Analisa : Apabila kita meberi inputan pada jTextField1 dengan angka 111 kemudian mengeklik button PROSES maka akan muncul kotak dialog Message Nilai Angka=111 | Nilai Satuan=1 | Nilai Puluhan=1 | Nilai Ratusan=1 seperti script yang telah kita tanamkan tadi. Apabila kita klik ok maka akan muncul kotak dialog kedua yaitu ‘Anda telah memasukkan 3 angka yang sama’ dengan script perulangan if...else yang berada di dalamnya.
aplikasi-java-netbeans9 aplikasi-java-netbeans10
Apabila kita memberi inputan dengan angka berbeda yaitu 123 maka akan tampil seperti diatas dan muncul kotak dialog berbeda yaitu ‘Angka tidak memasukkan 3 angka yang sama.
Cukup mudah bukan? Untuk pengembangan lebih lanjut anda bisa memberikan batasan untuk inputan hanya bisa di inputkan angka saja (huruf/ karakter tidak boleh) dan batasan inputan hanya boleh 3 angka saja (maks 3 karakter).
*** Selamat Mencoba ***

3 comments:

  1. Wah blognya programmer java ternyata :D kunjungan balik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar mas. Terima kasih, saya akan berkunjung. :)

      Delete
  2. Gan, ane lagi latihan buat aplikasi input nilai nih, kalau untuk input angka/huruf aja, saya sudah bisa. Dan batas inputan hanya 5 digit/beberapa digitpun saya sdh bz juga. Masalahnya agan punya gak source code untuk mencegah inputan angka, misalnya angka yg diinput tdk bleh lbih dari 10 , jadi kalo kita ketik angka 11, maka tampil pesan. Gimana yah gan source codenya. Kalo agan tau, tolong kirim ke email : bandi.vanhoutten@gmail.com

    ReplyDelete


Copyright © AIMAGU. Jasa Pembuatan Website. All Rights Reserved
Design by Automattic | Blogger Theme by NewBloggerThemes | Official: www.aimagu.com